Selasa, 05 September 2017

Cara Mengatasi Halaman Blank Pada Wordpress (White Screen of Death)

Halaman blank (kosong) pada Wordpress bisa menjadi masalah, khususnya bagi pemula. Anda tidak mendapatkan pesan error apapun pada halaman website sehingga semakin menyulitkan pencarian solusi bagi masalah ini. Umumnya hal ini terjadi sesaat setelah proses transfer website atau instalasi theme/plugin baru. Kondisi halaman putih kosong dikenal juga dengan White Screen of Death. Dengan penanganan yang tepat, masalah seperti ini sebenarnya relatif mudah diselesaikan.

Mengapa terjadi?

Penyebab halaman blank pada website berbasis Wordpress ada beberapa kemungkinan:
  1. Versi PHP pada web server tidak sesuai kebutuhan website
  2. Hak akses pada folder website tidak mencukupi
  3. Theme yang tidak kompatibel
  4. Plugin yang tidak kompatibel
 Untuk setiap kemungkinan diatas, akan diselesaikan menggunakan akses cPanel, karenanya pastikan Anda telah memiliki aksesnya.

Solusi 1. Pilih versi PHP terbaru

Pada hosting-hosting yang modern umumnya disediakan fitur untuk memilih versi PHP yang akan dijalankan.
Masuk ke cPanel website, dan klik pada menu Select PHP Version. Pilih versi PHP terbaru kemudian lihat apakah website sudah berjalan normal kembali.

Jika masalah halaman blank masih terjadi, coba turunkan versi PHP 1 tingkat. Lihat kembali apakah website sudah normal. Dari pengalaman kami, saat artikel ini ditulis, versi yang paling umum digunakan adalah PHP 5.6.

Jika pada cPanel tidak temukan menu tersebut, kemungkinan besar menggunakan nama menu lain, seperti PHP Config, PHP Setting dan sejenisnya.

Solusi 2. Hak Akses Folder

Hak akses folder juga bisa jadi salah satu penyebab WSoD, untuk itu perlu dipastikan bahwa folder dimana website diletakkan memiliki nilai yang tepat. Dari pengalaman kami, level hak akses yang paling cocok adalah 755. Berikut ini cara mengubah akses folder website paling sederhana menggunakan fitur file manager pada cpanel :

Langkah 1
Langkah 2



0 comments:

Posting Komentar